Inilah 3 Jenis Bahan T-Shirt Yang Nyaman Dipakai

 

 

Kebanyakan orang memiliki T-shirt dengan jenis bahan yang nyaman untuk dipakai. Maka dari itu, untuk memiliki T-shirt yang akan dikenakan, sebaiknya ketahui terlebih dahulu jenis-jenis bahan yang digunakan. Dengan demikian, Anda dapat memilih T-shirt yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Produsen T-shirt atau kaos memiliki beberapa bahan yang digunakan untuk memproduksi T-shirt sesuai dengan permintaan pasar. Berikut adalah 3 jenis bahan T-shirt yang nyaman dipakai.

  1. Cotton Atau Katun

Cotton atau katun merupakan salah satu bahan dasar T-shirt yang terbuat dari serat alami yakni kapas tanpa bahan campuran lainnya. T-shirt atau kaos yang berbahan dasar kaos memiliki ciri yang lembut, adem, dan memiliki daya serap keringat yang baik.

T-shirt berbahan dasar cotton nyaman digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Kain dengan bahan cotton sangat terkenal di dunia industri tekstil untuk bahan dasar pembuatan beberapa jenis pakaian termasuk T-shirt.

Kain jenis cotton terdiri dari dua jenis, yakni cotton combed dan cotton cardet. Berikut penjelasannya

    • Cotton Combed

Cotton combed adalah jenis kain cotton atau katun yang telah disisir agar lebih halus. Kain cotton combed memiliki 3 jenis kode kain, yakni 20s, 24s, dan 30s. Dimana kode 20s merupakan jenis kain cotton combed yang paling tebal dan kode 30s merupakan jenis kain cotton combed yang paling tipis.

Dari ketiga kode tersebut, jenis cotton combed 30s merupakan jenis kain yang banyak digunakan untuk memproduksi T-shirt karena bahannya yang tipis, adem, dan nyaman ketika dipakai.

    • Cotton Cardet

Cotton cardet atau katun kardet merupakan hasil dari modifikasi kain katun dengan menggunakan mesin carding. Meskipun menggunakan mesin, kain yang dihasilkan tidak selembut dan sehalus kain cotton combed. Hal tersebut mengakibatkan kain cotton cardet memiliki kualitas dan harga jual di bawah kain cotton combed.

  1. Polyester

Polyester atau PE merupakan salah satu jenis kain yang terbuat dari bahan polyster 100% tanpa bahan campuran lainnya. Polyester terbuat dari bahan serat buatan yang berasal dari hasil sampingan minyak bumi yang sudah diolah sedemikian rupa hingga menjadi serat kain.

Meskipun jenis kain polyester terbuat dari bahan sintetis atau buatan, namun produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang sangat baik dan nyaman ketika dipakai. Selain itu, kain berbahan polyester memiliki tampilan yang bagus, tidak mudah kusut, dan kuat.

Kain polyester kebanyakan digunakan untuk memproduksi T-shirt olahraga. Hal tersebut dikarenakan bahan polyester memiliki karakteristik yang kuat dan cepat menyerap keringat. Namun, t-shirt berjenis polyester tidak cocok untuk digunakan sehari-hari karena bahan polyester akan menghasilkan hawa panas di tubuh.

  1. Rayon

Kain berbahan dasar rayon merupakan jenis kain yang terbuat dari bahan sintetis atau buatan. Kain rayon terbuat serat hasil pengolahan tumbuhan dan bambu. Kain rayon biasa disebut dengan kain viscose. Kain ini memiliki karakteristik fleksibel, lembut, nyaman untuk digunakan.

Kain rayon sangat cocok sebagai bahan dasar T-shirt olahraga karena sangat ringan, adem, dan mudah menyerap keringat. Kain jenis rayon juga cocok digunakan untuk membuat T-shirt sehari-hari. Namun kain rayon memiliki kekurangan yakni cepat kusut ketika dicuci.

Jakcloth Store Pondokede